5 Cara Mudah Potong Ayam dengan Berbagai Ukuran

Sebagai sumber protein hewani yang baik, daging ayam bisa ditemui dengan mudah di mana saja. Apalagi dengan harga yang terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai macam sajian, membuat menu olahan ayam jadi favorit masyarakat Indonesia. Masyu & Mbakyu sendiri pasti sering menyajikan menu olahan ayam di warung makan, kan?

Nah, kali ini kita akan belajar cara mudah potong daging ayam dengan berbagai ukuran yang bisa dipraktikkan di warung. Yuk, simak!

1. Siapkan Alat

cara mudah potong ayam

Pastikan Masyu & Mbakyu sudah menyiapkan alat yang dibutuhkan seperti pisau yang tajam dan talenan yang bersih. Jangan lupa cuci ayam utuh dengan bersih. Pastikan tidak ada hati, ampela, ataupun usus yang masih tertinggal. Masyu & Mbakyu juga bisa mengolah jeroan ayam secara terpisah.

2. Potong Bagian Kepala dan Ceker

cara mudah potong ayam

Potong bagian kepala dan ceker ayam menggunakan pisau yang tajam. Setelah selesai memotong, sisihkan bagian ini untuk diolah bersamaan atau diolah terpisah. Bagian kepala dan ceker ini bisa diolah menjadi: bahan kaldu sop, bacem ceker & kepala, atau digiling dan dijadikan bahan isian risoles atau bakso.

3. Potong Bagian Paha

cara mudah potong ayam

Potong tulang rawan di antara pinggul dan tulang kaki. Memotong tulang rawan akan membuat potongan ayam terlihat mulus dan tulang-tulang lainnya tidak ikut terpotong. Masyu & Mbakyu juga bisa membagi bagian paha atas & paha bawah dengan memotongnya jadi 2 bagian. Terkenal dengan kelembutan dagingnya, bagian paha atas dan bawah biasanya diolah menjadi sajian: ayam goreng, rica ayam, opor ayam, ayam goreng tepung, atau semur ayam.

4. Potong Bagian Sayap

Cari sambungan yang menghubungkan sayap ke dada. Balikkan ayam sehingga bagian belakang menghadap ke atas. Kemudian potong sambungan tersebut menjadi dua. Bagian sayap ini bisa diolah dengan berbagai bumbu yang lezat. Bisa digoreng biasa atau dengan tepung, diolah menjadi sayap ayam madu, sayap kecap, diberi saus tiram atau saus sambal. Coba kreasikan dengan bumbu berbeda setiap hari supaya tidak bosan.

5. Potong Bagian Dada

cara mudah potong ayam

Selanjutnya, buat sayatan pada sisi horizontal ayam. Belah bagian dada dan punggung ayam menggunakan pisau. Tekuk kedua bagian hingga patah, lalu potong kulitnya. Bagian dada yang penuh dengan daging ini bisa diolah dengan berbagai macam cara. Mulai dari ayam goreng mentega, ayam suwir sambal matah, ayam geprek, ayam kungpao, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Resep Tahu Bunting untuk Sajian Menu Takjil Warung

Itulah 5 cara mudah potong ayam utuh dengan berbagai ukuran. 5 langkah tadi bisa Masyu & Mbakyu kreasikan jadi berbagai macam potongan sesuai kebutuhan.

Masyu & Mbakyu juga bisa membeli ayam segar dengan berbagai potongan di aplikasi Wahyoo lho. Ada ayam segar potong 4, 8, 9, sampai 10.  Selain itu, selalu ada flash sale setiap hari dengan harga super murah untuk produk ayam segarnya. Yuk, belanja sekarang!

Bagian artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Berhasil Daftar

Tim kami akan segera menghubungi anda dalam waktu 7 hari kerja