Sejarah Warteg di Indonesia dan Inilah Perkembangannya Sekarang

Warung tegal atau yang sering kita dengar dengan sebutan warteg tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Warung makan yang telah menyelamatkan banyak perut masyarakat ini, tentunya memiliki sejarah yang panjang. 

Kita ketahui bersama bahwa warteg menjual berbagai jenis makanan seperti, ikan goreng, ayam goreng, orek tempe, dan makanan lainnya. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Bagaimana sejarah warteg dan kondisinya di zaman yang semakin modern? Mari simak kisahnya berikut.

Sejarah warteg begitu beragam dan tidak ada yang tahu pasti kapan pertama kali warteg berdiri di Jakarta. Namun beberapa sumber mengatakan, kemunculan warteg di Jakarta akibat adanya pembangunan secara besar–besaran di Jakarta pada tahun 1950 an oleh presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno. Pembangunan secara besar–besaran itu dipicu oleh pindahnya ibu kota negara Indonesia dari Yogyakarta menuju Jakarta.

Tentunya pembangunan mega proyek ini membutuhkan banyak sekali tenaga kerja yang mayoritas adalah buruh kasar. Banyaknya pekerja yang datang ke Jakarta menciptakan peluang yang besar, pelung ini dilihat oleh sebagian orang jawa untuk membuka warung nasi. Istri–istri dari pekerja yang berasal dari tegal juga tidak luput untuk membuat makanan yang nantinya akan dijual kepada tukang yang bekerja membagun mega proyek itu.

Semakin lama warung makan yang dimiliki oleh orang – orang tegal semakin mendominasi sehingga warung makan berganti nama menjadi warung tegal atau yang sering kita dengar warteg. Warteg pada awalnya hanya menjual makanan untuk kalangan bawah sampai pada tahun 1990 an  warteg berkembang menjadi warung makan yang diminati oleh masyarakat Jakarta sehingga tidak hanya menjual nasi tahu tempe saja melainkan menu yang ada lebih beragam.

Di zaman modern ini, warteg juga berkembang dengan kehadiran Wahyoo. Wahyoo hadir untuk mensejahterakan warung makan yang ada. Wahyoo berupaya memberikan kemudahan berbelanja melalui layanan digital, pelatihan, pembimbingan bagi para mitra, serta pendapatan tambahan melalui produk-produk inovatif, program menarik, dan berbagai kampanye. Dengan berbagai upaya tersebut, Wahyoo ingin terus bisa memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Hingga detik ini Wahyoo terus berusaha untuk selalu menjadi wadah bagi para pemilik warteg dan warung untuk terus berkembang. Wahyoo selalu ingin menjadi sahabat setia warung makan dimanapun mereka berada. 

#WarungMakanBisa 


Bagian artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Berhasil Daftar

Tim kami akan segera menghubungi anda dalam waktu 7 hari kerja