Tata Cara Salat Idul Fitri 1442 H

Salat Idul Fitri adalah ibadah yang dilakukan umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan. Umumnya, salat Idul Fitri dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau di tempat terbuka.

Mengingat pandemi belum berakhir, MUI mengeluarkan fatwa tentang pelaksanaan salat Idul Fitri. Masyu & Mbakyu bisa melakukan salat di masjid atau tempat terbuka dengan syarat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, membawa sajadah sendiri, dan lakukan salam namaste (tidak bersentuhan) dengan orang lain.

Selain melakukan salat di tempat terbuka, MUI juga menganjurkan umat Islam untuk melakukan salat Idul Fitri di rumah untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19. Berikut tata cara salat Idul Fitri yang bisa Masyu & Mbakyu lakukan di rumah bersama keluarga:

  1. Sebelum salat, disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.
  2. Salat dimulai tanpa kumandang azan dan iqamah. Namun dengan seruan “ashalatul jami’ah” yang artinya ajakan untuk mendirikan salat secara berjamaah.
  3. Mulai dengan niat salat Idul Fitri: Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa. Artinya: Saya niat salat sunnah Idul Fitri dua raka’at sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala.
  4. Pada rakaat pertama, takbiratul ihram setelah imam kemudian takbir zawa-id dengan mengangkat tangan sebanyak 7 kali.
  5. Di antara takbir itu dianjurkan membaca doa: Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil azhim.
    Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Dia,  Allah Maha Besar, dan tiada daya serta upaya selain berkat pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.
  6. Diteruskan surat Al Fatihah dan surat-surat pendek dalam Al Qur’an.
  7. Ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua dan seterusnya seperti ibadah salat biasa hingga berdiri kembali untuk rakaat kedua.
  8. Pada rakaat kedua, takbir zawa-id dan mengangkat tangan sebanyak 5 kali.
  9. Membaca Al Fatihah dan diteruskan surat-surat pendek dalam Al Qur’an.
  10. Ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, duduk tahiyat akhir, kemudian salam.

Itulah tata cara salat Idul Fitri 1442 H. Yuk, sama-sama menjaga kesehatan keluarga kita di rumah dengan menghindari kerumunan dan melakukan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. 

Baca juga: Jaga Keluarga di Kampung dari Covid-19 dengan Tidak Mudik

Sebelum Ramadan berakhir, jangan lupa penuhi kebutuhan warung dengan belanja di aplikasi Wahyoo. Ada voucher diskon 5% untuk Masyu & Mbakyu. Cukup masukkan kode voucher KEJUTAN0709MEI5 yang bisa Masyu & Mbakyu gunakan. Selamat belanja!

Bagian artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Berhasil Daftar

Tim kami akan segera menghubungi anda dalam waktu 7 hari kerja