Seperti Apa Mengolah Daging yang Benar?
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Seperti Apa Mengolah Daging yang Benar?

Daging adalah salah satu bahan makanan yang kerap ditemukan di warung makan, berbagai olahannya pun beragam dari yang sederhana seperti digoreng hingga diberi santan. Sangat nikmat untuk dikonsumsi tentunya, apalagi jika daging bertekstur empuk dan juicy. Sahabat setia usaha kuliner juga mengkonsumsi daging bukan?

Lalu, bagaimana tips mengolah daging agar tak alot? Anda harus membersihkan daging dengan benar, caranya dengan membuang lemaknya terlebih dahulu, cara lain bisa membungkus daging dengan daun pepaya, membumbuinya dengan menggunakan rempah-rempah tradisional, dan memperhatikan penggunaan api ketika memasaknya.

Seperti Apa Mengolah Daging yang Benar?

Sebelum membeli daging, Anda perlu tahu bagaimana cara memilih daging yang masih segar, caranya dengan memperhatikan warna dan penampilan daging.

Biasanya daging yang baru dipotong berwarna merah keunguan. Warna tersebut akan berangsur memudar menjadi merah terang setelah lama terkena oksigen/udara dan warnanya pun berubah menjadi kecoklatan. Itu tandanya daging sudah tidak segar hingga tak layak untuk dikonsumsi.

Selain dari warna, tingkat kesegaran daging juga dapat dilihat dari penampilan yang mengkilap dan tidak pucat, beraroma tidak asam, tekstur masih elastis atau sedikit kaku dan jika dipegang masih terasa lembab/basah.

Nah, jika sudah menemukan daging yang segar coba untuk mengolahnya dengan benar agar tidak terbuang sia-sia. Berikut tips mengolah daging yang baik seperti apa:

Jangan Dicuci

Mencuci daging juga tidak hanya mempengaruhi tekstur daging saja namun juga menyebabkan bakteri yang tidak terlihat menempel pada wastafel. Daging sapi yang dicuci justru akan menurunkan kualitas karena menjadi mengkerut dan kaku. Disarankan untuk menggunakan kertas penyerap atau paper napkin yang mampu mengurangi cairan berlebih.

Potong Daging Melawan Arah Serat

Teknik memotong daging yang benar dengan melawan arah serat daging. Hindari untuk  memotong daging mengikuti serat panjang yang tampak dari permukaan daging. Apabila berserat halus, maka potonglah secara melintang. Demikian sebaliknya, apabila serat daging melintang, maka potonglah daging secara membujur.

Memasak dengan Temperatur Api yang Pas

Teknik pengolahan daging dapat disesuaikan dengan tingkat kematangan daging yang kita inginkan. Untuk hasil daging medium atau medium rare, usahakan untuk memasak daging terlalu lama dengan temperatur api yang tinggi sebab dapat menurunkan kuilitas gizi dan saripati yang terkandung dalam daging.  sebaliknya, jangan juga memasak daging dengan temperatur api yang sangat rendah karena akan menyebabkan daging menjadi kering akibat menguapnya cairan yang ada di dalam daging.

Seperti Apa Mengolah Daging yang Benar?

Diaduk Secara Perlahan

Memasak daging secara perlahan sering kali kita gunakan dalam proses memasak sehari hari, misalnya rendang dan semur.  Untuk mendapatkan hasil daging yang empuk, daging dapat dimasak secara perlahan dengan diaduk menggunakan temperatur api sedang. Untuk volume dapat disesuaikan dengan menu daging yang akan kita masak. Jangan menambahkan garam yang berlebihan karena garam dapat memperlambat daging menjadi empuk.

Dipukul-pukul

Sebelum diolah, daging dipukul-pukul terlebih dulu guna untuk memotong serat daging sehingga daging akan lebih mudah empuk saat dimasak. Cara ini dianggap ampuh dalam meregangkan serat-serat pada daging yang memang menjadi penyebab daging sapi menjadi keras ketika diolah.

Bumbui Daging Sebelum Dimasak

Sebelum memasak daging alangkah lebih baik untuk dimarinasi atau dibumbui terlebih dahulu guna membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan beraroma wangi. Bahan yang biasa digunakan antara lain daun pepaya, nanas, dan bumbu rempah-rempah. Disarankan untuk marinasi jangan terlalu lama karena dapat membuat tekstur daging menjadi hancur saat akan dihidangkan.

Itu adalah beberapa tips yang kami rangkum agar Anda mempunyai cukup referensi dalam mengolah daging. Bahan baku usaha kulinermu dapat ditemukan di Aplikasi Wahyoo seperti daging, bawang putih, garam dan masih banyak lagi. Klaim Rp 50.000 diskon pelanggan baru dengan daftarkan diri Anda disini.

Referensi: 

  1. https://www.merdeka.com/jatim/5-tips-mengolah-daging-agar-tidak-alot-dan-amis-ketika-dimasak-kln.html?page=6
  2. http://www.rs-jih.co.id/readmore/cara-mengolah-daging-yang-baik-dan-benar
  3. https://www.liputan6.com/ramadan/read/4544610/8-cara-mengolah-daging-sapi-agar-empuk-dan-tidak-bau-untuk-hidangan-lebaran
  4. Tim Primarasa. 2018. Hidangan Sapi Terbaik. Jakarta. PT. Gaya Favorit Press

Berhasil Daftar

Tim kami akan segera menghubungi anda dalam waktu 7 hari kerja