Simpan Sayuran di Kulkas

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Sayuran adalah menu wajib yang harus ada di setiap warung makan. Olahan sayuran ini pun beragam mulai dari yang berkuah seperti sup, diolah dengan santan, hingga dicampur dengan bahan sayuran lainnya. Sayuran yang segar dibutuhkan sahabat setia usaha kuliner untuk menyajikan olahan berkualitas dengan rasa yang menggugah. Dibutuhkan teknik yang baik dalam proses simpan sayuran di kulkas.

Oleh karena itu, kami telah menyiapkan beberapa cara untuk menjaga sayuran agar tetap segar dan awet saat disimpan di kulkas. Simak bagaimana caranya di penuturan berikut ini:

Sayuran Hijau

Simpan Sayuran di Kulkas - Sayuran Hijau
Temukan lebih banyak di catalog.wahyoo.com

Untuk sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, sawi hijau, bok choy, selada, Anda dapat potong akarnya kemudian cuci sayuran hijau tersebut menggunakan campuran air dengan sedikit cuka atau perasan lemon.

Simpan Sayuran di Kulkas – Wortel

Wortel dapat bertahan hingga berbulan-bulan dengan teknik penyimpanan yang benar.

  • Potong bagian atas kepala wortel, cuci hingga bersih.
  • Simpan wortel dalam kulkas dengan memasukkannya ke dalam plastik berlubang agar terjaga kelembabannya.
  • Cara lainnya dengan menyimpannya dalam wadah berisi air sebelum dimasukkan ke kulkas.

Kubis

Kandungan air dalam kubis tidak sebanyak sayuran hijau sehingga cara penyimpanannya perlu diperhatikan agar tidak mudah rusak dan busuk. Untuk menyimpan kubis, Anda dapat langsung memasukkannya ke dalam kulkas tanpa harus mencucinya terlebih dahulu. Atau Anda bisa pula menyimpan kubis di dalam plastik berlubang. Dengan ini, kubis dapat bertahan 2-4 bulan lamanya.

Kembang Kol

Cara menyimpan kembang kol dalam kulkas agar tahan lama adalah dengan membungkusnya menggunakan tisu tanpa perlu mencucinya dengan air terlebih dahulu.

Simpan Sayuran di Kulkas – Cabai

  • Sebaiknya jangan dicuci, cukup bersihkan cabai menggunakan lap atau tisu kering.
  • Pisahkan mana cabai yang busuk dan sudah agak lembek. Jika hanya bagian ujung cabai yang busuk, Anda dapat memotongnya.
  • Jangan simpan cabai dalam kondisi segar bersama yang sudah membusuk dalam satu wadah.
  • Alasi tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah. Jangan terlalu penuh agar cabai tidak rusak. Tambahkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas di dalam wadah. Bawang putih memiliki sifat antibakteri sehingga cabai tidak mudah busuk dan rasa pedasnya dapat tetap terjaga.

Tomat

Jangan simpan tomat dalam kulkas, menyimpannya pada suhu ruangan adalah langkah terbaik. Jika Anda ingin menyimpan tomat yang sudah terpotong sebagian, simpan dalam paper bag pada suhu ruangan dan hindari sinar matahari langsung.

Bawang Putih, Bawang Merah, dan Bawang Bombay

Simpan Sayuran di Kulkas - Bawang Putih
Temukan lebih banyak di catalog.wahyoo.com

Berbagai jenis bawang-bawangan, seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas. Cukup potong bagian-bagian yang berjamur, busuk, atau rusak, kemudian simpan ditempat sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Simpan Sayuran di Kulkas Itu Penting, Tapi Tidak Semua Sayuran Bisa Awet

Tidak hanya menjaga penampilan dan rasa, sayur yang disimpan dengan baik dan benar juga dapat menjaga kualitas nutrisi yang terkandung di dalamnya.Itu adalah beberapa tips yang kami rangkum agar Anda mempunyai cukup referensi dalam menjaganya tetap segar saat simpan sayuran di kulkas.

Bahan baku usaha kulinermu dapat ditemukan di Aplikasi Wahyoo seperti sayuran hijau, bawang-bawangan, tomat dan masih banyak lagi! Daftar sekarang disini.

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/22/200620320/cara-menyimpan-sayur-agar-tetap-segar-berbulan-bulan?page=all

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menyimpan-sayuran-di-kulkas/

Berhasil Daftar

Tim kami akan segera menghubungi anda dalam waktu 7 hari kerja